5 Langkah Mudah Menanam Cabai di Rumah Untuk Pemula

Posted on
5 Langkah Mudah Menanam Cabai di Rumah Untuk Pemula
Rate this post

Masih ingat dengan cabai? iya, dia sayuran yang sangat dibutuhkan di masyarakat. Bahkan penggemar cabai berasal dari banyak kalangan. Maka, tak heran jika harganya kadang bisa naik sampai setinggi gunung. Nah, kali ini, kami hadirkan cara mensiasati kenaikan harga cabai. Kali ini, daripada ribet dan ribut soal harga naik, maka kami ajak Anda untuk menanam sendiri saja. Cabai ini bisa ditanam di mana saja. Bahkan tidak butuh lahan besar. Hanya sebuah pot dan polibag saja bisa kok.

Adapun caranya, tentu mudah banget. Meski mudah, jarang ada yang tahu. Maka, kita akan share sebanyak mungkin untuk Anda semua. Semoga bisa bermanfaat. Semua ini bisa Anda praktekkan langsung dengan mudah dan tentu saja biaya ringan. Sudah tidak sabar? kita akan segera masuk ke inti ulasan kali ini. Siapkan saja kertas dan pena yang Anda miliki.

Cara Mudah Menanam Cabai Ala Rumahan

Cara ini akan kita mulai dari awal. Dari bibit sampai cara panen. Walau tidak lengkap minimal bisa untuk semuanya. Oke, kita akan langsung cek saja. Semoga bisa bermanfaat. Sebelum menginjak pada pembahasa per item atau tahapan, mari kita simak dulu apa saja sih kebutuhannya?

Persiapan:

  • Bibit cabai
  • Media tanam
  • Pot berlubang
  • Semprotan
  • Sekop kecil
  • Sarung tangan
  • Pupuk

Nah, sekarang kita masuk ke inti ulasan. Mulai dari yang pertama saja dulu. Kemudian kita akan rilis setelahnya, sampai akhir. Oke inilah yang pertama, dan yang bisa Anda lakukan pertama kali.

1. Media Tanam

Siapkan media tanam berupa pot atau polibag. Dan pastikan sudah ada lubangnya. Karena ini berguna sekali. Nah, jika sudah maka isi dengan media tanam berupa tanah yang sudah dicampur dengan kompos dan pupuk kandang. O, ya, pot atau polibag pastikan ada lubangnya. Ini berguna untukj menghindari pembusukan.

2. Tebar Bibit

Ini langkah kedua. Silahkan tebar bibit cabai pada media tanam dengan jarak 10 cm antar bibit. Lalu, jika sudah tebari kembali dengan tanah tipis saja. Tebari bibit dengan tanah tipis. Ini akan berguna untuk memaksimalkan semuanya.

3. Penyiraman

Penyiraman di sini maksudnya untuk menjaga kelembaban. Dan jangan digerujuk. Tapi disemprot. Lakukan penyiraman dua kali sehari pagi dan sore. Jika musim kering, bisa jadi Anda harus menyiram 3 kali sehari. Namun semua itu harus dilihat kondisinya.

4. Hindarkan dari sinar matahari

Jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Dan jangan terkena hujan langsung. Makanya tempatkan di tempat khusus. Jangan di luar rumah, karena bisa jadi akan dirusak oleh ayam atau yang lainnya. Ini penting sekali, jadi harus Anda ingat baik-baik.

5. Ambil Bibit yang disemai

Jika sudah 4-5 hari, bibit yang Anda semai tadi sudah muncul daun. Nah, ini sudah waktunya untuk menanam. Ambil media tanam berupa polibag atau yang lain. Lalu tanam bibit bersama dengan tanahnya. Nah, jika sudah semport sehari 2 kali. Serta berikan pupuk.

Tips Penting:

  • Pemindahan bibit ke media tanam, akan lebih baik dilakukan pada jam 9 pagi atau 3 sore
  • Berikan pupuk sebulan sekali untuk mencapai hasil maksimal
  • Tambahkan sekam bakar, untuk media tanam awal. Selain itu, bisa juga tambahkan kompos dan yang lainnya

Panduan Seputar Cabai:

Sekian informasi Tips mudah dalam berbudidaya Cabe di Rumah yang bisa kami hadirkan. Kami akan kembali lagi dengan informasi yang tidak kalah menarik. Tentu saja, informasi seputar pertanian. Nah, jika memang ini bermanfaat silakan klik share. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.