Cara Ampuh Merawat Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on
Cara Ampuh Merawat Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat
5 (100%) 20 votes

Ketemu lagi dengan admin di sini. Kali ini, kami akan bocorkan sebuah rahasia. Setelah kemarin, kami hadirkan sebuah cara menanam cabai dengan media polybag, sekarang waktunya kita belajar untuk merawatnya.  Cabai memang menarik sekali, kalau dijadikan bisnis. Harganya fluktuatif banget. Kadang murah, bahkan sampai tidak ada harganya. Namun kadang juga bisa melebihhi emas, harganya. Jadi, inilah salah satu alasan kenapa banyak orang menyukai bisnis cabai. Selain itu, cabai sering dijadikan makanan pelengkap utama pada konsumsi harian. Meski hanya 1, namun cabai sering dicari. Kata orang, ngga lengkap jika tanpa cabai. Rasa pedas, di Indonesia memang jadi buruan utama. Tak heran jika makanan atau sajian dengan nuansa pedas selalu laris di pasaran.

Cabai selain laris di pasaran, karena rasa pedas. Dia juga memiliki banyak sekali varian. Mulai yang pedasnya biasa, sampai paling pedas di dunia. Tidak ada yang memungkiri, kegemaran makan cabai sering menjadi trend. Sebenarnya, cabai mudah ditanam. Tidak perlu lahan lebar, cukup dengan polibag, pot atau semisalnya. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Cara menanam cabai dengan polibag juga sudah kami share pada kesempatan tempo hari.

Beda dengan penamanan di tanah langsung, jika Anda ingin menanam cabai di Polibag, seharusnya disemai dulu. Tujuannya untuk mendapatkan bibit yang terbaik dan paling unggul. Sehingga, nantinya Anda tidak akan kecewa. Karena sebelum dipanen sudah layu. Maka, kami akan berikan urutannya dengan baik. Mulai dari pemilihan benih, semai, penaman dengan polibag dan seterusnya. Cabai yang bagus dan mudah ditanam di Indonesia, sebaiknya cabai keriting. Lokal juga bagus, dan sudah tidak kalah dengan Hibrida, kok. Makanya, jangan terburu-buru dulu.

Cabai Hibdrida,selain ribet dalam perawatan, tentu saja harganya lebih mahal. Intinya sih bagi kami ribet dalam merawat. Karena harus disemprot dengan obat khusus dan semisalnya. Beda dengan lokalan, yang hanya butuh NPK dan semisalnya saja. Dan itupun bisa dilakukan setiap bulan. Penyiraman juga tidak harus setiap hari, bisa kok 3 kali sehari. Menarik bukan? oke, kali ini, kami anggap Anda sudah paham semua. Dan sudah memiliki banyak tanaman cabai di rumah. Sehingga, kali ini kami akan bicara soal cara merawanya. Tentu saja tujuannya agar lebih lebat dalam berbuah, maka Anda akan mendapatkan hasil melimpah ketika panen.

Cara merawat cabai agar panen melimpah

Menanam cabai, perlu banyak perawatan dan banyak obat. Namun, jika Anda tidak paham, bisa jadi semuanya akan dipakai. Nah, kali ini kami coba berikan yang terbaik seputar pengalaman yang berharga. Karena memang pengalaman adalah guru paling baik. Bukan cuma saya, tapi tentu Anda semua.

Membuat cabai lebat dan banyak buahnya, bisa memakai teknik pemeliharaan yang tepat. Tapi silakan perhatikan tiga hal di bawah ini.

Air dan Nutrisi

Seperti manusia, air dan nutrisi juga akan membantu perkembangan pada cabai. Jadi, jangan sampai air dan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik. Dengan adanya pasokan air dan nutrisi dengan baik, tentu saja tanaman akan tumbuh dengan baik pula. Sehingga, Anda akan mendapatkan tumbuhan yang sehat. Nah, nutrisi dan air pun tidak boleh berlebihan. Makanya ilmu mengenai batasan air harus tahu. Kalau terlalu banyak air dan nutrisi bisa menghancurkan tanaman.

Pilihlah pupuk yang baik, Agar nutrisi terpenuhi dengan baik juga. Anda bisa memberikan pupuk kimia ataupun kompos. Intinya sih, perlakuan dari awal akan membuat tanaman semakin bagus dan sehat. Jika Anda sudah paham dengan soal pupuj, Anda juga harus perhatikan soal airnya. Pemberian air tidak boleh lebih dari 3 kali dalam sehari. Kalau memang mentari lagi terik, Anda boleh memberikan air lebih banyak. Tapi lebih bagis 3 kali sehari baru disiram. Ini akan menjaga tanaman tidak lembek.

Perawatan pada cabai

Perawatan termasuk pemotongan daun yang ngga perlu, pemberian pupuk dan semisalnya. Ini penting sekali dan menjadi inti yang akan membuat cabai lebat. Nah, semuanya akan berimbas pada hasilnya. Makanya pastikan kamu merawat dengan benar semuanya.

Perawatan dengan memotong daun yang tidak berguna bisa dengan konsep ini.

  • Memberikan penyangga untuk tanaman, agar bisa tegak dalam berdiri. Cara ini biasanya dilakukan jika sudah berumur 2 mingguan, ketika daun dan batang sudah mulai gede. Dan ini akan menjadi sebab bagi batang untuk tetap tumbuhg dan buahnya pun lebat.
  • Memangkas tunas yang tumbuh. Ingat, ya. Kita dalam hal ini untuk mencari buah yang lebat. Maka, jangan merasa sayang, untuk memangkas tunas yang tidak perlu. Bisa dimulai dari tunas yang tumbuh di ketika daung atau yang lain. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan hasil maksimal.
  • Buang daun kering. Biasanya ada daun yang sudah menguning. Dan kering, ini akan menjad hama, biasakan bersihkan dan jangan sampai membusuk. Karena akan memengaruhi pada tanaman itu sendiri
  • Potong tunas, dan cabang yang mati. Ini juga akan memengaruhi pertumbuhan jika tidak dilakukan.

Gangguan Hama dan Gulma

Atasi Hama dan Gulkma dengan baik, maka Anda akan mendapatkan hasil baik juga. Nah, ini salah satu dari tiga hal yang menentukan cabai aakan menjadi lebat dan bagus. Jika ingin lebih dalam, ada sih. Intinya 3 hal di ini adalah dasarnya saja. Mari kita simak selengkapnya.

Hama dan Gulma jika tidak diberantas akan berbahaya. Karena mereka bisa ikut memakan nutrisi yang ada. Tapi tidak semua Hama dan Gula bisa Anda berantas, sebab ada juga yang bermanfaat. Nah, kali ini Anda harus jeli, serta harus paham yang dimaksud dengan hama dan gulma yang baik.

Akhir Kata

Tidak ada kesuksesan didapat dengan kesenangan. Maka, dalam hal ini pun Anda harus bekerja keras. Menanam cabai mudah, tapi jika tidak dicermati akan gagal. Dan jika Anda ingin sukses, maka silakan praktekkan berbagai ilmu yang ada. Cara ini juga bisa kalian terapkan saat menanam berbagai macam jenis cabai seperti Cabai Merah, Cabai Hijau, Cabai Rawit, Cabai gendot dan Paprika

Kali ini ulasan cara budidaya cabe agar berbuah lebat dan subur ini kami akhiri sampai di sini. Dengan harapan, Anda akan mendapatkan yang terbaik dari yang kami hadirkan. Dalam kesempatan yang akan datang, kami akan kembali lagi dengan informasi lainnya, yang tidak kalah menarik. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.