Cara Menanam Cabai Rawit dari Biji Mudah dan Praktis Bagi Pemula

Posted on
Cara Menanam Cabai Rawit dari Biji Mudah dan Praktis Bagi Pemula
5 (99.26%) 27 votes

Kembali kami hadir membawa informasi mengenai cabai. Iya, kali ini ada informasi menarik untuk Anda semua. Jika sebelumnya kami berikan informasi mengenai cara menanam cabai di Polibag, dan juga semisalnya. Kali ini kami akan hadirkan untuk Anda, informasi cara menanam cabai dengan praktis dan mudah. Iya, karena memang menanam dari biji cabai. Nah, cabai adalah komoditas yang banyak sekali penggemarnya, termasuk kami, selaku admin dari website ini. Kami juga suka cabai. Menanam cabai akan memudahkan Anda makan pedas tanpa harus beli cabai. Dan kali ini kami akan hadirkan caranya memanfaatkan biji cabai yang baik, untuk ditanam kembali.

Menanam cabai menggunakan biji, konsepnya sama dengan yang menggunakan bibit. Yang sudah kami hadirkan untuk Anda tempo hari. Karena memang konsepnya sama, maka Anda tidak akan kebingungan untuk memraktekkannya. Hanya ada perbedaan sedikit. Jadi apa sih perbedannya itu? mari kita simak saja selengkapnya dalam ulasan yang sudah kami siapkan secara khusus untuk Anda semua. Semoga bermanfaat.

Cara Menanam Cabai Rawit dari Biji Mudah

Urutan yang benar, dalam artikel kali ini sebenarnya ada 4. Dan memang itu sudah lazim. Empat urutan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membuat benih cabe rawit
2. Menyemai benih cabe rawit
3. Menanam bibit cabe rawit
4. Merawat tanaman cabe rawit

Nah, kita akan mulai belajar dari awal. Dari paling awal sendiri, yakni membuat benih cabai dengan cara manual. Tentu saja menggunakan biji cabai. Mari kita mulai dari yang pertama saja. Semoga bisa membantu Anda yang sedang ingin bertani dengan cara sendiri.

Cara Membuat Benih Cabe rawit sendiri

Kalau mau praktis, bisa beli bibit sendiri. Namun, karena kira hanya akan menanam cabai untuk hobi. Maka cara menanam cabai ala rumahan akan kita praktekkan. Sehingga Anda akan mampu mempersiapkan tanaman cabai dari awal sekali. Apa saja yang harus dilakukan? mari kita simak urutannya.

1. Pilih cabai yang sudah tua

Ini wajib, sebab cabai muda tidak akan bisa jadi bibit. Dan jangan ambil cabai dari sisa gorengan, namun beli saja di pasar. Ambil yang sudah tua. Ciri-ciri cabai yang sudah tua, warnanya merah. Dan ini akan menjadi bibit yang unggul. Tidak akan mudah terserang penyakit dan hama.

2. Belah buah cabai

Siapkan cabai yang sudah tua, kemudian belah buah jadi 3. Pisahkan biji dari jantungnya. Inilah tahapan bibit yang sudah bisa Anda dapatkan. Oke, kita berpindah ke selanjutnya.

3. Tahap persiapan

Siapkan air hangat kuku ke dalam baskom. Tambahkan bawang putih dan merah yang sudah dihaluskan. Lalu masukkan biji cabai ke dalamnya. Dan rendam semalaman.

4. Sortir

Biji cabai yang melayang, silakan buang. Dan yang tenggelam sisihkan. Lalu jemur di bawah sinar matahari tidak langsung sampai kering. Di sini kita sudah punya bibit cabai yang bagus.

Note:

Kalau kesulitan dalam memilih dan menyeiapkan benih capai silakan beli di toko pertanian baik itu cabai hias, cabai kriting dan cabai rawit semuanya ada.

Cara menyemai bibit cabe rawit dengan tisu

Kalau langsung ditanam dalam pot, bisa sih. Namun tidak semuanya tumbuh baik. Makanya, kita akan meyemai dulu agar hasilnya lebih bagus dan lebih menarik. Mari kita siapkan penyemaian.

1. Siapkan tisu

Tisu dibasahi, jangan terlalu basah. Cukup basah saja. Kemudian taburkan biji cabai di atasnya. Dan jika sudah buat tisu basah lagi. Dan gunakan untuk menutupnya.

2. Siapkan plastik

Inilah tahap akhir. Siapkan tisu yang ada biji cabai, kemudian masukkan ke dalam plastik. Lalu kunci. Diamkan sampai beberapa hari, dan sudah ada kecambahnya. Tidak haus dengan plastik, bisa dengan box.

3. Media Tanam

Jika sudah berkecambah, silakan pindah ke media tanam. Misalnya pot, polibag dan yang lain. Mudah bukan? sangat mudah. Segera lakukan saja.

Cara Menanam Biji cabai dengan media tanah

Cara biasa menanam biji ini mudah saja. Silakan ikuti urutan di bawah ini.

  • Sebar biji cabai ke tanah, atau ke media tanam yang lain.
  • Pastikan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Siram tiap sore menggunakan semprotan
  • 3-5 hari pasti sudah ada pertumbuhan.

Penyemaian model di atas, bisa dicoba juga kok. Sekarang kita akan masuk pada masa tanan. Bagaimana cara menanam pada polibag dan yang lain.

  • Siapkan media tanam berupa tanah gembur, kompos dan pupuk kandang. Untuk takaran bisa pakai 1:1:1 atau bisa pakai: 2:2:1. Bisa juga sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, siapkan berikut;
  • Masukkan tanah ke polibag dengan diameter 30cm. Ini akan lebih menarik. Setelah tanah dimasukkan, silakan lakukan tahapan di bawah ini untuk tindak lanjutnya;
  • Ambil bibit. Jika bibit ditanam pada polibah kecil. bisa bongkar saja kemudian buat lobang di polibag baru, dan masukkan tanah yang ada bibitnya. Kalau penyemaian di tanah biasa. Pastikan ambil tanah disekitarnya juga agar tidak merusak akar.
  • Setelahnya siram dan beri pupuk sebulan sekali. Selesai.

Baca Juga Panduan Cabai Lainya:

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai cara bertanam cabai dari biji yang bisa kami sampaikan pada Anda. Karena sudah jadi komitmen kami untuk tersu memberikan yang terbaik, maka kami akan kembali dengan informasi yang lainnya yang tidak kalah menarik. Sampai jumpa lagi. Salam.