Manfaat & Cara Menggunakan Micin pada Cabai agar berbuah Lebat

Posted on
Manfaat & Cara Menggunakan Micin pada Cabai agar berbuah Lebat
5 (100%) 21 votes

Menanam cabai atau apapun, tentu akan sangat berpengaruh yang namanya pupuk. Untuk Anda yang sudah terbiasa bertanam atau akrab dengan dunia pertanian pupuk, kompos dan juga NPK atau lainnya sudah pasti tidak asing. Sudah wajar dan akrab. Akan tetapi  bagi Anda yang belum, bisa jadi asing. Sebelumnya kami sudah hadirkan metode menamam cabai dengan polibag, dan juga sudah hadirkan pula cara merawat cabai agar berbuah lebat. Kali ini kami akan share sebuah metode penting. Tapi jujur saja seperti yang ditulis pada judul bahwa metode ini sangat mudah dipakai dan digunakan. Walau mungkin Anda tertawa.

Kegunaan Micin Untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat

Iya, bagi yang sudah biasa dengan pertanian tentu tidak akan heran dengan penggunaan MSG untuk pupuk. Bukan sekedar kepercayaan, namun juga bukti di lapangan bahwa pupuk ini bisa dipakai untuk melebarkan buah dalam tanaman cabai. Selain menggunakan pupuk Kimia seperti NPK dan yang lain, tentu saja MICIN juga sangat bagus digunakan untuk pupuk. Nah, kenapa bisa? karena kandungan dalam MSG atau yang biasa kalian sebuat dengan ajinomoto inilah yang akan membuat tanah semakin subur.

Kalau Anda belum pernah memakainya, silakan mencoba. Bahkan, Anda bisa memakainya untuk banyak tanaman. Tentu saja, ini khusus untuk tanaman dengan batang kecil. Misa, cabai dan yang lainnya. Maka, kalau Anda ingin memakai untuk batang besar, tinggal sesuaikan saja dengan ukurannya.

Mengenal Kandungan MSG dan manfaatnya untuk tanaman Cabai

Mungkin selama ini kita kenal, bahwa micin hanya untuk memasak. Atau bahkan, Anda kenal MICIN berbahaya jika dikonsumsi karena akan mengandung dampak mengerikan sebagai kanker. Namun, sebenarnya semua itu tidak bisa dijelaskan dengan lebih baik.

Karena kebanyakan berita yang beredar hanya menjadi hoax. Nah, kita tidak akan bicara soal hoax atau bukan. Karena fokus kita akan kepada kandungan micin untuk tanaman. Dalam kasus ini adalah cabai. Oke, kita simak dua jal yang harus Anda perhatikan dalam kandungan micin ini.

1. Mengandung natrium dan kalium

Keduanya sangat penting karena tanah membutuhkan tambahan unsur hara yang baik. Jadi dengan dosis yang tepat, tanah akan semakin subur. Nah, sampai di sini jelas kanm ternyata tanaman cabai akan semakin subur tanahnya jika diberi micin. Dan yang kedua, dengan micin akan mencegah kerontokan daun. Tentu saja harus dengan dosis yang pas. Karena jika berlebihan juga akan buruk untuk kesehatan tanah dan tanaman.

Kalium dan natrium dalam MICIN termasuk bagus. Terbukti, banyak sekali petani memakainya. Tentu saja dipakai oleh petani kecil-kecilan alias yang tanaman pakai polibag dan semisalnya. Kalau pertani yang tanamannya besar seperti 1 hektar biasanya pakai obat lain.

2. Memperepat proses pembentukan bunga

Natrium dan kalium yang ada, juga mempercepat proses kembang pada tanaman cabai. Dengannya proses rangsangan akan semakin cepat dan tentu saja, ini akan menguntungkan para petani itu sendiri. Dengan semua fakta itu, tentu saja akan semakin mempercepat dan memperbanyak buah yang ada.

3. Menghindarkan dari kerdilnya batang

Jika tanaman subur, dan kaliuma yang ada tercukupi maka batang akan terhindarkan dari kerdil. Ini juga bisa dilakukan dengan obat lain sih, tapi kalau bagi kami, micin lebih murah dan mudah dilakukan. Catat! asal tidak berlebihan dalam memberikannya. Sesuaikan dosisnya saja.

4. Akar jadi lebih kuat

Secara otomatis ketika tanaman sehat dan unsur hara tanah terpenuhi maka akarpun akan jadi lebih kuat. Ini adalah salah satu cara paling mudah dan paling enak, membuat tanaman sehat tanpa keluar banyak modal. Nah, sudah penasaran, silakan dicoba!

Dosis Micin untuk Tanaman Cabai

Meski bisa digunakan dengan baik tentu saja, Anda harus perhatikan dosisnya. Karena dosisnya akan membuat tanaman subur dengan baik. Sama dengan manusia minum dan yang lain, jika berlebihan tidak akan baik efeknya. Nah, kali ini silakan simak berapa sih dosis yang bagus untuk tanaman cabai?

Takaran dasarnya adalah 5 gram : 1 liter air. Dan tanaman cabai yang boleh disiram ini, hanya 4 tanaman. Jadi campuran tadi hanya untuk 4 batang. Pastikan tidak kena daunnya. Dan kalau untuk 100 batang cabai, tinggal hitung saja. Mulai dari perbandingan di atas.

Panduan Lengkap Seputar Cabai:

Akhir Kata

Informasi ini bersifat praktikal, jadi jika Anda hanya membaca tanpa praktek, akan susah untuk mengerti. Selain itu, kami akan update terus informasi yang tidak kalah menarik dari yang ini. Semoga Anda semua sedia bersabar. Untuk kemudian terus menunggu informasi dari kami. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.