Panduan Lengkap Cara Menanam Kunyit dalam Polybag dan Pot

Posted on
Panduan Lengkap Cara Menanam Kunyit dalam Polybag dan Pot
5 (100%) 11 votes

Suka dengan tanaman atau sedang berlatih menanam? kemarin akmi sudah membahas soal cara menanam cabai dalam polibag. Ini menarik, karena cabai adalah komoditas yang memang sangat banyak orang menyukai. Banyak penggemar fanatik yang memyukai. Tidak peduli seberapapun harganya, maka akan dicari. Buktinya, makanan pedas di manapun dan kapanpun jadi primadona. Nah, kemarin sudah dibahas cabai mulai dari cara menanam, sampai soal perawatan dan masa panen. Kali ini kami akan ulas yang berbeda. Sebab bukan cabai, melainkan bumbu dapur yang lain. Namanya Kunyit.

Cara Menanam Kunyit Dalam Pot Dengan Mudah Di Rumah dan Cepat berbuah

Kunyit sama jenisnya dengan lengkuas, jahe dan lainnya. Dia termasuk dalam jenis tanaman akar-akaran. Sehingga untuk bisa membudidayakannya, sebenarnya mudah saja. Secara asal, bisa kok. Anda tinggal menguburnya saja. Namun tentu saja, hasilnya tidak akan maksimal. Beda dengan perlakuan secara khusus, dengan penyemaian dan lain hal. Ini akan membawa pengaruh lebih bagus lagi. Perlu Anda tahu, dia adalah tanaman rimpang berwarna kuning asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit ini merupakan anggota dari kelompok Zingiberaceae.

Untuk kategorinya sendiri, bisa dilihat pada keterangan di bawah ini.

Klasifikasi Ilmiah:

  • Kerajaan: Plantae
  • (tidak termasuk): Angiosperms
  • (tidak termasuk): Monocots
  • (tidak termasuk): Commelinids
  • Ordo: Zingiberales
  • Famili: Zingiberaceae
  • Genus: Curcuma
  • Spesies: C. longa

Pembibitan dan Penyemaian Rimpang Kunyit

Anda akan menanam berapa polibag? 3 atau 10? maka sesuaikan saja. Ambillah rimpang kunyit yang sudah tua, minimal 8 bulan. Karena semakin tua, semakin bagus. Dan ini harus diperhatikan. Banyak orang yang tidak memerhatikan ini semua, sehingga banyak yang salah atau gagal.

Bibit disesuaikan dengan jumlah pot atau polibag. Satu wadah hanya untuk satu bibit, ya. Jangan sampai lebih. Jika sudah siap semua, sekarang kita akan menyemai bibit kunyit yang sudah disiapkan. Perhatikan dengan baik, bahwa semuanya harus sudah siap sebelum melakukan pembibitan. Mulai dari media tanamn sampai yang lain. Sekarang kita masuk ke penyemaian.

  • Rimpang kunyit taruh pada tanah lembap yang sudah disiapkan.
  • Tempatkan pada sinar matahari langsung
  • Jika sudah, taburi dengan tanah secukupnya dan siram pagi sore, dengan air secukupnya untuk menghasilkan bibit yang bagus
  • Rimpang siap tanam jika sudah memiliki tinggi 10cm.
  • Ingat ya. 1 pot hanya 1 rimpang

Cara Mengolah Tanah untuk Tanam Kunyit

Langkah ini cukup mudah. Karena rimpang sudah muncul tunas, dan sudah memiliki panjang 10cm, maka sekarang waktunya untuk menanam. Pastikan Anda menanam dengan baik, sehingga tidak salah dalam masa panen atau bahkan mati. Mari kita siapkan semuanya

  • Siapkan tanah dengan campuran kompos dan pupuk kandang
  • Lubangi tanah sedalam 8 cm
  • Masukkan rimpang. Ingat, satu wadah hanya 1 rimpang
  • Timbun¬† lagi dengan tanah yang ada
  • Sirami pagi dan sore

Sangat mudah. Kuncinya, penyiraman, kompos dan pupuk kandang, serta 1 pot hanya 1 rimpang saja. Kalau memang sudah, maka kita akan masuk ke ulasan berikutnya.

Pemupukan

Saran kami, gunakan pupuk organik. Perbandingan adalah 1:1:1. Jadi 1 kompos, pupuk kandang dan kemudian tanah. Kenapa harus memakai yang alami? banyak masalah dengan kimia. Satu sisi, pupuk kimia memang cepat banget menumbuhkan hasil. Dan hasilnya besar, tapi efeknya juga besar. Maka, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Dan penggunaan pupuk ini, juga hanya boleh diberikan selama 1 bulan sekali. Tidak bisa tidak. Karena pemakaian berlebih justru akan membawa dalam masalah untuk tanah itu sendiri. Oke, jika sudah paham maka silakan lanjut ke yang lain.

Kapan Disiram?

Penyiraman akan lebih baik dilakukan 2-3 hari sekali. Karena menjaga kelembapan tanah. Jika terlalu sering, misal tiap hari, akan berkaibat tanah terlalu basah dan ini juga tidak bagus. Jangan sampai terlalu banyak menyiram, jangan terlalu sedikit. Karena memang keduanya harus diimbangkan.

Kapan Dipanen?

Masa panen idela kunyit yang ditanam dalam polibag adalah 8 bulan. Sebenarnya sih bukan cuma dalam polibag. Tetapi bisa untuk semuanya. Tujuan dari masa panen ideal adalah untuk menghasilkan rimpang yang segar, tidak kusut dan tidak cepat membusuk. Jadi, kalau terlalu cepat tidak bagus, terlalu lama juga kuranglah.

Baca Juga:

Akhir Kata

Itulah informasi yang bisa kami berikan untuk Anda semua. Informasi ini akan terus kami sambung dengan yang lainnya. Dan tentu saja, informasi ini akan terus disambung dengan yang lebih bermanfaat lagi. Tetap stay di blog ini dan jangan sampai telat mendapatkan informasi terbaru yang akan kami hadirkan.